Minggu, 22 Juli 2012

My Third Day - part 1 : How Difficult to say 'Pyeongchang Winter Olympic 2018' in your own language?


Okay, let’s move on to our tight schedule in Pyeongchang !!! But firstly, happy fasting to all the Muslim!!

Schedule for today is Pyeongchang - Wonju – Jeju Island!!! *Wait for me Jeju, the romantic places for all of the dramas!*
I woke up early in the morning *the morning call from the hotel woke me up actually*. Feeling so fresh! Even though the day before, we had the tough mission which is had todo 108 bows, but I felt so excited that morning!

Baiklah, mari kita kembali lanjutkan jadwal ketat gue selama di Pyeongchang!! Tapi sebelumnya, selamat puasa dulu untuk semua kaum Muslim yah!!!

Jadwal hari ini adalah Pyeongchang – Wonju – Jeju Island!!! * tunggu aku Jeju, tempat romantic dimana semua drama berasal*
Gue bangun pagi pagi sekali hari ituh *okeh, sebenernya dibangunin ama morning call nya hotel sih* Langsung berasa seger banget! Walopun sehari sebelumnya, kaki gue berasa gempor karena harus menjalankan misi berat, yaitu harus bersujud 108 kali, tapi gue berasa semangat banget lah hari ituh!

I met Tiphany in the lobby, and then we went to the restaurant to have our breakfast. Michelle and Dondre were a little bit late. That’s why Tiph suggested the mean punishment for the team members who were late. Bow punishment!!!...hahaha…that’s tough! I think, this is how we came up with our ‘bow jokes’. Every time there was something disturb us, we simply said, “okay I’ll do that, after you do the bow for me”…hihihi…CRUEL!

Oh, and Tim never had breakfast! Okay, that’s explained why he didn’t have enough energy to do the bow in the last mission…hahaha…breakfast is good for our health! *ops, sound like my mom*
delicious breakfast!

Gue ketemu Tiphany di lobby, trus langsung beranjak ke resto buat sarapan. Michelle dan Dondre rada telat. Itulah makanya si Tiph mengusulkan buat kasih hukuman kejem ajah buat yang suka dateng telat. Disuruh sujud ajah getoh. Sadis! Gue rasa, dari sinilah asal usulnya kita punya ‘bow jokes’. Setiap kali ada yang rese atau bikin gak enak hati, biasanya kita suka ngomong “ya udah gue kerjain, setelah lo sujud ke gue”…hihihi…kejam nian!

Oh ya, kalo si Tim mah kagak pernah sarapan. Oke deh, itu ngejelasin kenapa dia gak punya banyak energy buat ngerjain misi sujud di hari sebelumnya…hihihi…*masih dendam*. Sarapan ituh baik buat kesehatan lho! *ops, gue kok jadi kayak nyokap gue yah*

After we finished our breakfast, we brought our luggage and we were ready to go to our next destination, Ski Jumping Hill – Pyeongchang! Actually, this is the location for the Winter Olympic 2018! Awesome!

Setelah selesai sarapan, kita pun ngambil koper dan siap siap untuk berangkat ke tujuan selanjutnya yaitu, Ski Jumping Hill – Pyeongchang! Sebenernya tempat ini merupakan tempat akan dilaksanakannya Winter Olympic 2018! Keren abis!

We had our opening shoot there. But, when I saw all the stairs, I felt like crying…oh no…actually my poor legs still hurt from yesterday’s bow mission. All those stairs like tortured me even more *dramatic*. But I survived!
So many stairs! *damn!*

Fog everywhere! Awesome!

Kita pun mulai melakukan opening shoot kita disonoh. Tapi ketika gue melihat begitu banyak tangga disonoh, sekonyong konyong gue berasa pengen nangis aja getoh…hihihi…kesian banget deh betis gue inih, yang masih berasa gempor akibat bow mission di hari sebelumnya. Tangga tangga tersebut seakan akan memang diciptakan khusus untuk menyiksa gue deh *dramatis*. Tapi gue masih sanggup lah!

 As usual, Ricky did an opening and interviewed us again. Spontaneously. NO SCRIPT. Okay, I am getting used with this. Although I still looked a bit dumb in front of the camera. Just remember, that is not the real me, okay.
Get ready for opening shoot
Dont forget to do the 'Touch Thing'
Camera's and crew's preparation
We always did the cheesy V sign pose! Why?

Seperti biasa, Ricky melakukan opening, dan meng interview kita lagih. Spontan lho yah. Gak pake skrip. Sepertinya sih gue udah mulai rada terbiasa dengan inih. Walopun tampang gue masih suka kelihatan dongo di depan kamera…hihihi…pokoknya itu bukan gue yang sebenernyah okeh!

The producer wanted us to do the gangsters walk for our opening. Ricky showed us how to do the gangsters walk. Okay, he was cool *and handsome*. But how about us? Okay, this is not a gangsters walk guys! But the Grandma’s walk *because our legs still hurt because of the bow mission*

It was so cold at that time, you could see fogs everywhere. And I started to sneeze a few times. I also had a runny nose. But suddenly, they wanted us to take of our jacket! So they can shoot our “Touch Korea Tour” T shirt. *things we did for our film!!*

I feel sorry for Dondre because he didn’t bring his jacket and he insisted to wear his short. Ops, wrong outfit for Dondre..

And we also had to do our gangster’s face! NO SMILE! Fierce face!  Oh my sweet Lord! That was very difficult, because I couldn’t stop to show my awkward *ugly* smile every time there’s a camera in front of me…hahaha…*Oh, my gosh! I can’t wait to see our film!*

Took off your jacket guys!
Give me your Gangstas face! No smile! Fierce!

Untuk opening kita, sang produser meminta kita untuk berjalan ala gangster *gangsta’s walk*, biar rada gaya gituh. Ricky kasih unjuk gimana cara jalannya. Okay, Ricky kelihatan keren banget *dan ganteng pulak*. Trus kita gimana? Oke deh, ini mah bukan gangsta’s walk! Tapi lebih kayak Grandma’s walk! Jalan kita persis kayak nenek nenek soalnya kaki kita masih sakit gara gara kemaren.

Waktu ituh udaranya dingin banget, sejauh mata memandang, cuman bisa melihat kabut. Gue udah mulai bersin bersin terus, dan rada ingusan juga sih…hihihi…Tapi tiba tiba ajah, mereka minta kita untuk buka jaket aja getoh. Supaya mereka bisa nge-shoot kaos ‘Touch Korea Tour’ kitah, *hal hal yang harus kita lakukan demi film kita!*

Gue berasa kasihan ama Dondre yang waktu ituh gak bawa jaket dan teuteup keukeuh sumeukeuh untuk pake short. Duh, saltum alias salah kostum banget deh Dondre inih…

Trus, kita juga diminta untuk ngasih tampang ala gangsters gituh. Duh Gusti! Ini susah banget! Soalnya setiap kali ada kamera di depan muka gue, gue suka gak tahan buat senyum bego ajah gitu…hihihi…*duh, gue udah gak sabar buat lihat film kita deh!*

Actually, there was funny conversation between me and Tiph at that time. Tiph whispered me,
Tiph : Hi Erry, I just heard that Amelie asked Tim just now!
Erry : Oh yeah, what did she say?
Tiph : she said, Hi Tim, hows your legs? And Tim said, my legs just fine!
Tiph and I couldn’t stop laughing when we talked about this! Of course your legs wasfine Tim, I did all the bows yesterday…hihihi…you owe me Tim,…
I couldnt stop laughing when Tiph whispered me 'that' thing. Sorry Tim ;p
Sebenernya ada perbincangan lucu yang terjadi antara gue dan Tiph. Waktu ituh si Tiph nge bisikin gue, separuh ngadu sih sebenernyah..
Tiph : Hi Erry, barusan gue denger Amelie nanya sesuatu ama si Tim tuh…
Erry : oh yah, nanya apaan sih?
Tiph : Dia nanya, Eh Tim, kaki lo gimana? Trus masa si Tim jawab : Kaki gue baik baik aja kok!
Tiph dan gue gak bisa berhenti ketawa ngebahas inih! Yah jelas ajah kakinya si Tim baik baik ajah! Kemaren ituh gue yang sebagian besar ngerjain sujud buat elo kan Tim…hihihi..pokoknya utang yah Tim!!

And then we went in, to the Olympic Stadium. Let the pictures tell the whole story *lazy!*

Trusnya, kita pun masuk ke Olympic Stadium. Selanjutnya biar poto potonya aja yang bercerita yah *dasar pemalas!*

In the museum, the producer asked us to say the cheering message for Winter Olympic 2018 that will be hold in Pyeongchang. So we said together “Pyeongchang Winter Olympic 2018! Fighting!!” And then they wanted us to say those words with our own language. Since Tim and Dondre have the same language, which is English, they didn’t have to do that.
Pyeongchang Winter Olympic 2018! Fighting!
Girls of Fun team!

Di dalam Museum, sang producer meminta kita untuk mengucapkan semacam ‘cheering message’ untuk Winter Olympic 2018 yang akan dilaksanakan di Pyeongchang. Jadilah kita semua ngucapin bareng bareng “Pyeongchang Winter Olympic 2018! Fighting!”. Trus mereka juga meminta kita untuk mengucapkan kata kata tersebut, pake bahasa kita sendiri. Karena Dondre dan Tim bahasa nya sama, yaitu bahasa Inggris, jadi mereka mah gak perlu.

Since, I didn’t want to be the first, so Tiphany did *being the boss again*. She said something in French, fluently. *I didn’t understand a single word she said*. 
Okay, now it’s my turn. I said it in front of the camera, with my full confidence, 
“Pyeongchang Winter Olympic two thousand eighteen! Semangat!” *I felt so awesome*
 …awkward silence…

Ricky : Okay Erry, that is not Indonesian language, that is English!!!
Erry : really?
Ricky : yeah! I asked you to say those words in your own language…
...everybody started to laugh...
Erry : well okay, I know that Olympic is Olimpiade in Indonesian, but…ehm...winter is…ehm..hi Michelle, what is winter? Is it musim dingin or musim salju? *asking Michelle’s help*
Ricky : Erry, why are you asking Michelle about your own language? You don’t know the meaning of winter in Indonesian? *started to laugh again*
...and then I said something really stupid in front of the camera...
Erry : Well, there is no winter in Indonesia…*defensive*
…burst out to laugh….

Berhubung gue gak mau jadi yang pertama, akhirnya Tiphany duluan *enaknya bisa nge boss*. Dia ngucapin sesuatu dalam basa Perancis. Keren *sumpah! gue gak ngerti sama sekali!*. 
Baiklah, sekarang giliran gue! Gue ucapkan didepan kamera dengan penuh rasa percaya diri,” Pyeongchang Winter Olympic two thousand eighteen! Semangat!!” MANTAP! *gue berasa keren, kibas rambut*
…terjadilah keheningan yang canggung…

Ricky : Okay Erry, barusan ituh bukan bahasa Indonesia, tapi bahasa Inggris..
Erry : eh, masa sih?
Ricky : Tadi gue minta lo ngucapin nya pake bahasa lo sendiri kan yah?
….semua orang mulai ketawa…
Erry : Okay, Gue tahu sih kalo Olympic ituh bahasa Indonesia nya Olimpiade kan yah?...tapi..ehm…kalo winter ituh…ehm…eh Michelle, winter apaan sih? musim dingin atau musim salju yah enaknyah? *minta bantuan Michelle*
Ricky : Erry, kenapa lo harus nanya Michelle tentang bahasa lo sendiri sih? Emangnya lo gak tau artinya ‘winter’ gituh?...*mulai ketawa lagih*..
…kemudian gue mengucapkan sesuatu yang sangat bodoh didepan kamera…
Erry : well, soalnya di Indonesia kan gak ada winter *musim dingin*…
…semua orang pun tertawa terbahak bahak…

Oh my gosh! I hope they edit that particular scene! It’s really hard to be Multilanguage …okay…is that even a word? That was my third day of not speaking Indonesian. So it was very difficult for me to switch from English to Indonesian. I don’t have the bilingual button like in the TV remote you know!! *defensive again*

And, just for your information, even though Michelle is from Malaysia, but she never spoke Melayu, because her first language is Chinese. So, during my trip, I only spoke Indonesian with my husband while we were skype-ing. Which is not every day, only for about 10 minutes *more excuses*

Duh Gusti nu Agung! Mudah mudahan mereka meng-edit adegan itu yah!!! Ternyata untuk  multilanguage ituh susah banget lho …*eh, emang ada istilah itu yah?*.

Itu adalah hari ke 3 gue gak ngomong bahasa Indonesia. Dan otak gue mengalami sedikit kesulitan untuk langsung pindah dari Inggris ke Indonesia. Gue kan gak punya tombol bilingual kayak di remote TV lho!! *lagi lagi defensive*

Dan buat sekedar informasi ajah, walopun Michelle dari Malaysia, tapi dia gak pernah ngomong bahasa Melayu, karena bahasa ibu nya adalah Chinese. Jadi selama disonoh, gue ngomong bahasa Indonesia kalo lagi skype-an ama Abah doang, dan itupun gak tiap hari, dan paling cuman beberapa menit ajah *cari alesan*

But, in the end, it turned out to be just fine. After I stopped from my embarrassing laugh, I said those words perfectly. “Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang! Semangat!” *clap for me please!*

Tapi pada akhirnya, gue berhasil juga. Setelah gue berhenti ketawa akibat kejadian memalukan tersebut, gue berhasil mengucapkannya dengan baik, “Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang! Semangat!” *tepuk tangan dong!*

We were walking around and busy taking pictures. There was a cute poster. Rachel told me that it was the place from Winter Sonata’s drama. Whoa! I have to take the picture! I am a drama queen! Ricky was so nice to me and wanted to help me to take the picture with my tablet.

Ricky said, “Okay, hold on there!”.
So I stood there with my cute pose!
I was talking to myself, what took you so long Ricky? I stood there for almost a minute!
Okay, Ricky tricked me!

While I was standing there with my cute pose, he was busy taking picture of himself with my dual camera!!
That’s okay Ricky, at least I am having lots of your pictures in my camera now…hihihi…

Okay, next stop will be Alpensia Resort - Alpine Coaster!!
*scary*
*get ready to see my scary face*
I stood there with my cute pose for almost a minute!
While Ricky tricked me!!!

Kita pun lanjut jalan jalan lagi dan sibuk motret. Trus disonoh ada poster yang keren banget. Rachel bilang bahwa poster tersebut adalah tempat syutingnya Drama Korea Winter Sonata, yang mana paporit gue banget. Harus poto disitu lah! Gue kan Drama Queen! Pada saat ituh Ricky baik banget dan mau bantuin untuk ngambilin poto pake kamera tablet gue.

Ricky bilang “ Okay, tunggu bentar yah”
Jadi gue berdiri disonoh dengan pose gue yang cute!
Gue berbisik dalam hati, inih si Ricky ngambil poto ajah kok lama banget yah? Gue pose udah lebih dari satu menit nih!!!

Okay, ternyata Ricky lagi ngerjain gue!!!
Sementara gue lagi berdiri disonoh sambil berpose, ternyata dia sibuk memotret dirinya sendiri pake fasilitas dual camera yang ada di tablet gue!!
Ya udah, gak apa apa deh Ricky, minimal di kamera gue sekarang jadi banyak poto lo…hihihi…

Baiklah, tujuan selanjutnya adalah Alpensia Resort – Alpine Coaster!!
*ngeri banget bok*
*bersiap siaplah menyaksikan tampang ketakutan gue!!*

PS :
KTO are planning to release the film containing this tour around October. There are 3 tours in the film, Fun Tour, Gourmet Tour and Style Tour. You can expect a Korean version of Amazing Race, but with more originality. All of you can take part in the event by participating in the voting online. You can vote the best tour in your point of view *just make sure you choose the right tour okay…hihihi…* Click here for detail information.
Jadi rencananya, KTO bakalan ngeluarin film tentang tour kita inih sekitar bulan October. Akan ada 3 Tour dalam film ituh yaitu Fun Tour, Gourmet Tour dan Style Tour. Dalam film ituh, kita dapat menyaksikan Amazing Race nya versi Korea, tapi yang jauh lebih original. Temen temen semua bisa ikut ambil bagian dalam event inih, caranya gampang kok, ntar bakalan ada voting online lo tinggal klik ajah, tourmana yang menurut lo paling menarik *gue sih cuman pengen mastiin aja, kalo bisa ntar lo pilihnya tour yang bener yah, tour yang ada gue nya getoooh…hihihi…* bisa klik sinih buat informasi lebih lanjut…



75 komentar:

  1. Ahaaaa...pertama nggak yaaaa?
    ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. horeeee...pertamaaaa...

      *karena dikasih bocoran kan mba?*...hihihi...

      Hapus
  2. Ryyyy...saya baca postingan ini berdua sama Risa...ketawaaaa terus!
    Ih, bisaan ih ceritanya...apalagi pas Erry mesti nerjemahin ke bahasa Indonesia tentang Olimpiade Musim Dingin itu...hihihihi...separo tetep bahasa Inggris, tapi separonya udah di terjemahin jadi bahasa Indonesia...kere abis :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. whoaaa...mentertawakan kebodohanku kah?...hihihi...

      Ituh bukan keren sebenernya sih mba...
      lebih ke konyol kayaknya...susah banget nerjemahinnya sih mba?
      ribet...hihihi...

      Hapus
  3. Ups, keren maksudnya...kok jadi kere sih?
    :(
    *keburu-buru pengen cepet publish ajah...emosi pas baca posting ini berasa banget lo Ry*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, kalo mba Irma maksa bilang keren sih...
      Aku terima aja deh dengan berat hati...hihihi...

      Hapus
  4. Ssstt, Risa tetep baca yang pake bahasa Inggris Ry, saya jadi berasa minder deh..dan terus terang, kalo baca pake bahasa yang berbeda itu men-scroll-nya bisa bikin berantem...hehe
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whoahaha...

      mba Irma juga makanya harus baca yang versi Inggris nya doooong...aku udah susah payah nulisnya khusus buat mba Irma lho...hihihi...

      Hapus
  5. Ry...saya dan Risa bolak balik bilang betapa beruntungnya tante Erry bisa dapet pengalaman sehebat ini...ah, smoga keberuntungan-keberuntungan lain juga akan menghampiri yaaaa...selamat menunaikan ibadah puasa, mohon maaf lahir dan batin :)
    *lirik coklat Suju yang lagi dipegangin Risa*
    Tengkyuuuuu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba Irma dan Risaaaaa ;p
      Aku memang merasa beruntung banget deh ;p

      Selamat puasa juga buat mba Irma dan Risaaa...mohon maap kalo ada kesalahan yaaah...

      *duh, lirik lirik coklat, puasa nih mbaa...puasaaa...hihihi...*

      Hapus
  6. sungguh kisah perjalanan yang menyenangkan...its amazing place :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang sangat menyenangkan, makasih yah mas ;p

      Hapus
  7. Wah iya kabut bgt ya, pasti dingin tuh. Si dondre gak pk jaket plus pk celana pendek sih saltum abis ya.

    Yg foto ama tulisan 2018 itu si tim posisi nya gak enak bgt kayakmya. Kasian kayak kejepit hahaha

    Yaolooo ry, masa gak tau bhs indo nya winter... Malu atuh... :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang dingin banget man, apalagi gue rada gak kuat udara dingin, bawaannya ingusan mulu..hihihi...
      Si Dondre mah udah biasa katanyah...ckckck...

      Selama disonoh kita emang diminta untuk melakukan berbagai pose aneh deh Man...hihihi...untunglah posisi gue diantara angka...jadi rada kerenan...Poor Tim...hihihi...

      Gue bukannya gak tau arti Winter lah Man...cuman kalo ditodong kayak getoh...gue suka rada lelet ajah gituh...hihihi...*membela diri*

      Hapus
  8. waaa menyenangkan sekali yaa mbak .. :)

    BalasHapus
  9. bibi er, kok granma's gank toh, wong kece2 gitu, wakakakka :p

    Bibi bener2 kok peerjalanannya di jelaskan detail banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiah, Emang kece siiiiih...hihihi
      *benerin kerah baju*

      Berusaha se detail mungkin supaya yang baca juga bisa ikut ngerasain Niar:-)

      Hapus
  10. cerita lanjutan ini ya...wach seruuuuuuuuu kapan saya bisa kesana yach....*ngilerrrrrrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini Memang cerita bersambung aku selama mengikuti event Touch Korea Tour:-)

      Mudah2an bisa kesampaian yah:-)

      Hapus
  11. hahaha bibi kok malah kayak pelawak sih disono
    tapi gak pa2 lah..banyak yg suka lagee...

    BalasHapus
  12. Emang ya poto pke nunjukkin dua jari itu keren banget, buktinya.. gak di Indo gak di Korea posenya tetep aja pke nunjukin dua jari PEACE!! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya ituh adalah pose paling klise dan yang paling sering kita lakukan selama disonoh mba ;p

      Hapus
  13. Gilak si Dondre tebel banget kulitnya, kabut gelap begitu masih setia aja pke celana pendek.. gak bisa bayangin dingginnya udara di sonoh..

    Eh Mbak aku pernah lihat lho pilmnya Winter Sonata, tapi gak jadi ambil potonya ya gara-gara si Ricky motoin dirinya sendiri :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dia udah biasa ngadepin musim dingin sih mbaaa...
      beda sama kita para mahluk tropis inih ;p

      Hapus
  14. Biii...berapa kali harus ku bilang...aku iri padamu...hihi

    BalasHapus
  15. Makin mantaap ceritanya teh..... i like it

    BalasHapus
  16. si bibi lama lama udah mirip kaya orang korea yah , kelamaan disana apa karena kelamaan bareng orang korea yah hehe.. mantaps dah makin seru nih kayak komik berseri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah...
      mirip orang korea dari sudut mana nya nih Jay...hihihi...

      Makanya tongkrongin terus blog ini yah...halah...

      Hapus
  17. menyenangkan sekali itu acaranya dari FB Korea Tourism Organization Indonesia bukan??? wah saya jadi ngiri deh ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Jamal,
      aku adalah pemenang Touch KOrea Tour Blogging Contest yang diadakan oleh Korea Tourism Organization :)

      Hapus
  18. masih aja seru baca pengalamannya disni

    BalasHapus
  19. Waaah pengen banget bisa ikut acara kaya gini, itu bagaimana mba ceritanya bisa ikut acara tour kaya gini? aku juga pengen ke korea, sepertinya suasananya sangat enak, cuman takut karena gak bisa berbicara korea saja :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Aku pemenang Touch Korea Tour yang diadakan oleh Touch Korea Blogging Contest yang diadakan oleh Korea Tourism Organization...silahkan mampir ke blog pribadi aku untuk informasi lebih lanjut...http://erryandriyati.blogdetik.com/touch-korea-tour/...

      Aku juga gak bisa bahasa korea kok, semua komunikasi dilakukan dalam bahasa Inggris

      Hapus
  20. Amazing opportunity, amazing moment, amazing place and meet amazing friends...eh, tuh ngomongnya harus bahasa Inggris terus? Wah..wah..kalau saya bisa jd peserta 'paling pendiam' deh...

    Btw, ngucapin Pyeongchang kayaknya mmg ribet...neh saya cobain

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...semua emang amazing Rie ;p

      Semua komunikasi emang pake bahasa Inggris ;p

      Ngucapin Pyeongchang sebenernya gak ribet, tapi karena ditodong di depan kamera jadi rada ribet...hihihi...
      *nyalahin kamera*

      Hapus
  21. mh,,,korea,,,pengen, pengen, pengen ke sana,,,,

    BalasHapus
  22. numpang baca nih, boleh ...?

    by : Andi D

    BalasHapus
  23. waah...di foto yang buanyak kabutnya itu seperti tangga menuju ke langit yah? *ngayalmode0n*
    hm, punya banyak stock foto Ricky ya? bagi2 atuh... hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di imajinasi kan memang begitu adanya mba Mechta...hihihi...

      Stok poto Ricky mah banyak atuh, mau yang lagi pose apah?...hihihi...

      Hapus
  24. seru banget ceritanya mbak.. berasa aku yang lagi disana :D

    BalasHapus
  25. saur2!
    Ciri khasnya selalu nulis artikel beserta terjemahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya sih bukan ciri khas...tapi lebih karena terpaksa...hihihi...

      Blog inih aku daftarkan di ibuzz Korea http://www.ibuzzkorea.com/eng/ , sehingga yang baca bukan hanya dari Indonesia aja ;p

      Hapus
  26. wahahaha....mbaaak kereeeennn!
    Lucu banget masak gelagepan pas ditodong pake bahasa sendiri, hihi..you can tell them that ur first language is not Indonesian, but Sundanese! xixixi
    ricky ganteng bangetttt, nitip salam yo mb
    *sory mb selama ni q jd silent reader, tapi kali ini ga tahan jg kasih komen, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih Intaaaaan ;p

      Sumpah! ituh bukan masalah first language atau bukan, but purely because of the camera...hihihi...
      Ricky emang ganteeeeeeng ;p

      Jiah, Intan, pake silent reader segala, kayak ama siapa ajah...hihihi...

      Hapus
    2. Intan, aku komen di tempat mu tentang lulus beasiswa dan mau kuliah S2 lagih kok gak bisa yah...

      ditolak terus...hiks...

      Hapus
  27. Hahaha..Si Ricky kocak banget ya. Dia pasti ngangenin ya Bi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiah, kok mba Evi tau sih kalo aku kangen...hihihi...

      Hapus
  28. lama jg ga ngerusuh dimari..brp thn yaa ?? hehe

    itu si Ricky mau ga di undang di mari bi ??
    cute bgd ihhh hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya niiiih...
      Mimi lama gak mampir dimarih ;p

      Si Ricky kalo eyke yang ngundang pasti mau lah ;p

      Hapus
  29. huwaaa... baca postingannya buat iri lagi deh >.<

    dan soal gak bisa bahasa Indonesianya jujur itu gak banget teh :P kalau aku mah satu-satunya kalimat yang lancar pasti itu deh.. hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan sengaja bikin postingan inih biar Niee ngiri..hihihi...

      Aku juga lancar b Ind mah Niee, itu mah pengaruh kamera ajah...hihihi...

      Hapus
  30. Waah seru sekali ceritanya, bikin senyum2 bacanya... Seperti Running Man versi tur Korea ya. Jadi penasaran sama versi filmnya.. ^^

    Bersyukur sudah blogwalking.Ditunggu update-annya ya Mbak Erry... :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih yah Thi :)
      Kita memang harus mengerjakan berbagai misi yang mirip kayak running Man gitu lho...

      Tunggu in apdet an ku yah Thi :)

      Hapus
  31. pursuit happyness :D kunjungi blog saya teman2..

    BalasHapus
  32. yg bikin saya amazed..commentnya banyak yaaaa.. hehehe *tercium sekilas bau iri.. hush hush hush.. kipas2 supaya baunya ilang*

    dan yeeaaahh Ricky! Emang cakep banget, tapi kok menurut gw lebih cakep Donghae nya SuJu ya..hahahaha *runrunsmall*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akh...dikau mah ngebahas itu terus sih Vit...hihihi...

      Whoaaa...Ricky juga ganteng lho Vit, baik pula :)

      Walopun Donghae juga adalah bias ku di suju :)
      *belum bisa memutuskan*

      Hapus
  33. ahahahahha...klo gak di-edit gimana Teh? jangan sampe malu2-in nama indonesia loh ya!! :D
    eniwei postingannya slalu seruuuuuuu! rickyyyyyyyy! (lho?) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gak di edit mah eykeh pasrah aja dueh...hihihi...

      Ricky emang ganteeeeeng :)

      Hapus
  34. Wuiih, keren abeees.
    Pasti jadi pengalaman yg tak terlupakan ya hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bener pengalaman yang tak terlupakan Kukuh :)

      Hapus
  35. Kasian si Dondre saltum, apa ga ada info er, bahwa di lokasi dingin sekali...
    Saya baca semua cerita2 di atas, apalagi foto-foto dan gambarnya mewakii semua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Briefing Pack sudah dituliskan bahwa kita disarankan untuk bawa jaket kok bang...
      Itu mah si Dondre ajah suka ngarang...hihihi...

      Makasih udah bersedia baca yah bang :)

      Hapus
  36. Kunjungan perdana, wihhhh seru bacanya asik tuh mbak, sukses sllu ya.

    BalasHapus
  37. Bonus Super Zeusbola Tahun 2022

    - Turnover 15.000.000 s/d 49.999.999 Mendapatkan Kredit Sebesar Rp.25.000
    - Turnover 50.000.000 s/d 99.999.999 Mendapatkan Kredit Sebesar Rp.75.000
    - Turnover 100.000.000 s/d 249.999.999 Mendapatkan Kredit Sebesar Rp.200.000
    - Turnover 250.000.000 s/d 749.999.999 Mendapatkan Kredit Sebesar Rp.500.000
    - Turnover 750.000.000 s/d 4.999.999.999 Mendapatkan Kredit Sebesar Rp.1.500.000
    - Turnover 5.000.000.000 s/d 49.999.999.999 Mendapatkan Kredit Sebesar Rp.5.000.000
    - Turnover diatas 50.000.000.000 Mendapatkan Iphone 13 Pro Max 128GB

    Customer Service 24 jam

    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607


    BalasHapus