Rabu, 15 April 2015

Tentang Spazzing

Mungkin masih banyak yang belum terlalu mengetahui arti spazzing yah.Spazzing itu pada hakikatnya adalah semacam kegiatan fan-girl-ing atau fan-boy-ing. Jadi kalau ada yang suka nyetatus atau ngetwit gak jelas tentang tokoh idolanya, basically you are spazzing. 

Anggap saja kami ini semacam buzzer lah yah.Toh para buzzer juga hobinya pada nyampah ngiklan di TL dengan hashtag tertentu kan yah?Hanya bedanya adalah, apabila para buzzer itu biasanya dibayar pake duit sama brand, maka kami para spazzer mah cukup puas hanya dengan dibayar oleh cinta kasih murni aja dari para idola kami *ngok*

Gaya Spazzing

Gaya spazzing pun berbeda-beda, ada yang sifatnya informatif dan emang diniatin banget, seperti misalnya aja Fanbase.Para admin dengan getol mencari berbagai informasi tentang kegiatan para artisnya untuk kemudian dengan penuh dedikasi menyebarkannya kepada kami, para rakyat jelata yang selalu saja kepo.Ada juga gaya spazzing yang kagak jelas arah tujuan, yah kayak gue ini lah
.

Apapun yang saat itu sedang bermuara di dalam kalbu, gue muncratin aja sesuka hati. Semuanya murni cuma sekedar buat seru-seruan aja.Jadi sampai sejauh ini, gue selalu berhati-hati dan berusaha menjaga agar jangan sampai spazzing gue bernada nge-bash atau menghina.Kalau diperhatikan baik-baik, selama ini sih spazzing gue kalau gak bernada nge-gombal yah palingan nge-galau. Kalaupun mau sok ngomel, gue biasanya berusaha untuk membalutnya dengan berbagai kelucuan, sehingga jatuhnya gak terlalu brutal.[caption id="attachment_1558" align="alignnone" width="451" caption="Kalau gak nge-gombal..."]


Tapi pada akhirnya tentu saja setiap orang memiliki gayanya masing-masing dalam menunjukkan dirinya di social media dan kita tidak berhak untuk men-judge satu sama lain. 

Trus Ngapain Spazzing? Emang Apa Enaknya sih?

Beberapa waktu yang lalu, seorang sahabat blogger yang saat ini tengah bermukim di Swedia, Bebe membuat postingan tentang gue : Racun Itu Bernama Bibi Titi Teliti, pada baca dulu gih, keren lho hehe...
Gue sangat terharu ketika membacanya dan tulisan tersebut membuat gue banyak berfikir.Bebe sangat tepat menggambarkan diri gue di tulisan tersebut, bahwa walaupun gue sangat-sangat suka menonton Drama Korea, tapi gue jarang sekali membuat tulisan khusus tentang Drama Korea di blog ini.

Kalo lo ubek-ubek blog ini, maka sebagian besar tulisannya berisi tentang kelucuan Kayla & Fathir, atau kegalauan gue sebagai seorang Ibu.Jujur gue katakan bahwa selama ini gue memang sangat menahan diri untuk menulis tentang Drama Korea di blog, karena tujuan dan niat awal gue membuat blog ini adalah untuk Kayla & Fathir.

Untuk mencatat potret kehidupan mereka sebagai anak dan juga sebagai bahan introspeksi gue sebagai seorang ibu.Bagi yang sudah berteman dengan gue sedari lama, di social media facebook atau twiter pun, sebenarnya dulu gue tuh jarang-jarang nyetatus tentang Korea lho, sekali-sekali aja lah.Kalo kemudian lo tanya alesannya kenapa, well you know lah, people love to judge, and they can be harsh sometimes.

Jadi gue pun berusaha menahan diri untuk tidak terlalu meng-ekspose diri.Tapi ketika lo menahan diri dengan sedemikian rupa, maka yang akhirnya akan terjadi adalah lo bakalan merasa 'sakit' sendiri. 

Kebiasaan Buruk! 

Jujur saja, dahulu gue memiliki satu kebiasaan yang sangat buruk sehubungan dengan hobi gue menonton drama, yaitu setiap kali sedang sakau dengan salah satu drama tertentu, maka gue akan langsung menghilang dari peredaran begitu saja.

Menghilang dalam artian gue sama sekali gak buka social media, gak mau menyentuh blog, gak blogwalking, apalagi posting. Pokoknya menghilang begitu saja dan asyik berkutat dalam kesendirian menikmati drama.  
Beberapa sahabat blogger yang sudah dekat banget ama gue , seperti mbak Irma, Awan atau mbak Monda biasanya sudah hapal dengan kebiasaan buruk gue tersebut, Kalau gue lagi kumat begitu, mereka biasanya menyindir dan nyolek2 gue serta memberikan komentar bernada menggoda seperti : kapan gue posting lagi, jangan lama2 nge-dramanya, udah pada kangen sama cerita Fathir & Kayla, kasihan blognya udah mulai lumutan..bhuahaha...

Para blogger tentu saja sudah mengetahui bahwa setiap kali kita menghentikan rutinitas menulis kita, maka ketika mau memulai kembali, rasanya tuh suka beraaaat banget. Bingung harus memulai darimana. Dan ujung-ujungnya gue bisa hiatus sampai sebulan lebih dari ngeblog, hanya karena lagi sakau sama satu drama. 

Dan hal itu lumayan sering terjadi, misalnya ketika gue lagi sakau sama Queen In Hyun's Man, I Hear Your Voice, Faith dan sepertinya yang paling parah sih ketika gue lagi demam Secret Garden. Saat itu gue merasa sangat terobsesi sama Hyun Bin dan bahkan sempat berhenti ngeblog sampai sekitar 2 bulanan lho. 

Parah banget lah itu![caption id="attachment_1565" align="alignnone" width="384" caption="Gara-gara mahluk ini, blog gue pernah terbengkalai sampai 2 bulan!"][/caption] 

Situasi seperti ini tentu saja gak asyik. Masalahnya adalah ada beberapa kondisi 'sakau' yang seringkali membuat kita jadi ingin terus-terusan membahas sebuah drama tertentu, dan apabila hal itu tidak dilakukan, maka kita jadi berasa kepikiran terus.

Tapi saat itu gue tetap berusaha untuk menahan diri. Gak mau posting khusus tentang Drama Korea dan gak mau keseringan nyetatus atau nge-twit tentang Korea. Saat itu, gue berfikiran daripada melakukan hal tersebut, gue lebih memilih untuk menghilang dari peredaran aja. Dan akhirnya gue menjadi sangat tidak produktif, entah berapa banyak berita, event blogger atau kontes nge-blog yang terpaksa gue lewatkan hanya karena gue asyik sendiri.

Gue merasa hal ini tidak adil. Si blog selama ini sudah memberikan begitu banyak manfaat buat gue, tapi setiap kali gue terpikat dengan satu drama, si blog langsung gue tendang jauh-jauh. Aku memang kejam![caption id="attachment_1568" align="alignnone" width="397" caption="Adakah yang masih teringat mantra Kim Su Ha Mo? bikin susah move on banget laaaah.."][/caption]


Akhirnya untuk mengatasi masalah tersebut, pada suatu masa gue pun mulai berkompromi dengan diri sendiri. Gue mengijinkan diri guei untuk posting khusus tentang drama Korea di blog dan melakukan spazzing, dengan catatan gue harus konsisten menulis dan gak boleh ada lagi acara hiatus dari nge-blog.Okeh, deal!Postingan  Logika Drama Korea adalah merupakan postingan pertama tentang drama korea yang gue niatin banget nulisnya. 
Dan Alhamdulillah mendapat respon yang lumayan asyik dari para pembaca.Dan setelah itu gue menulis tentang Drama Korea Menjadi Sinetron, Kau Yang Berasal Dari Bintang, Normal Menurut Pecinta Drama Korea & Kpop, dan TerHealer. 

Di sisi lain, gue pun berusaha untuk menepati janji gue sendiri. No more hiatus lah!Sebisa mungkin gue konsisten untuk posting seminggu sekali, biasanya sih tiap senin pagi. Dan walaupun kadang sekali2 gue suka bolong posting, tapi gue tetap melakukan blogwalking dan tidak menghilang sama sekali dari dunia maya.

Ujian pun Datang! 

Sejak saat itu, gue semakin bersemangat untuk ikutan berbagai event blogger dan kontes nge-blog. Dan berkat konsistensi gue tersebut, Alhamdulillah gue juga beberapa kali memenangkan kontes nge-blog. Gue pernah dapet gadget dari postingan yang ini dan uang tunai juga dari post yang ini dan ini. Tapi kemudian ujian besar pun datang. 

Ketika sedang asyik bergentayangan di dunia maya, gue tiba-tiba menemukan kontes blog menggiurkan dengan hadiah utama liburan ke Jepang...Oh My Goat!

Tapi pada saat yang bersamaan, waktu itu gue sedang sangat sakau dengan drama Korea Healer, dan merasa sangat terobsesi dengan pemeran utamanya yaitu Ji Chang Wook.Akhirnya pada saat itu gue memutuskan untuk menantang diri sendiri dengan cara membuat 2 draft sekaligus, yaitu draft untuk postingan Jepang dan draft untuk postingan Healer. Sebagai bahan informasi saja, bahwa setiap kali nongol kontes blog dengan hadiah menggiurkan seperti ini, maka bisa dipastikan bahwa persaingan akan sangat-sangat ketat. 

Ya iya lah, siapa sih yang gak mau jalan2 gratisan keluar negri?Mulai dari para travel blogger yang sudah sering jalan2 keluar negeri dan fasih menuliskan artikel super cetar, sampai ke para blogger kelas kakap yang sudah langganan juara kontes, satu persatu mulai turun gunung....bhuahahaha...serem bok! That was a fierce battle out there! 

Tema yang diberikan untuk kontes tersebut adalah Liburan Musim Dingin di Jepang.Dan berdasarkan pengalaman gue, setiap kali mendapat tema semacam itu dalam sebuah kontes, maka bisa dipastikan bahwa kita akan menemukan banyak tulisan yang hampir mirip antar peserta, karena kita memang mengambil dari sumber yang sama yaitu : google.

Maka gue pun berfikir keras, bagaimana caranya agar tulisan gue dapat memberikan kesan yang berbeda dari tulisan lain, walopun isinya/materinya sama.Akhirnya gue memutuskan untuk memakai konsep jenius , karena pasti akan sulit untuk memikat pembaca hanya dengan kekuatan cerita saja, maka gue akan membuat para pembaca terutama dewan juri untuk jatuh cinta kepada tokoh si pembawa cerita, yaitu Fathir, anak bungsu gue yang berusia 5 tahun. 

Atas dasar itulah akhirnya gue membuat konsep postingan yaitu menceritakan tentang liburan musim dingin di jepang dari sudut pandang polos anak usia 5 tahun.[caption id="attachment_1566" align="alignnone" width="336" caption="Ini dia anaknya, entahlah lagi merenung mikirin apa..."][/caption]


Gue berusaha konsisten dengan konsep tersebut, sehingga pada awal tulisan, gue sama sekali tidak menyinggung soal Jepang, tapi fokus pada pembangunan karakter atau penokohan. Gue berusaha mengilustrasikan Fathir sebagai anak yang jail, sering iseng, polos tapi terkadang suka sedikit sok tahu.Baru kemudian perlahan-lahan cerita mulai mengalir ke Jepang. 

Dan ini merupakan tantangan tersendiri buat gue, karena seperti yang sudah gue ceritakan sebelumnya pada saat itu gue sedang sangat sakau dengan Drama Korea Healer.[caption id="attachment_1564" align="alignnone" width="383" caption="Gimana bisa serius nulis kalo diledekin dengan ekspresi kayak gini terus!"][/caption]

Tentu saja gue sangat memahami bahwa kontes yang sedang gue ikuti saat itu mengusung tema Jepang, jadi apabila ada unsur atau nuansa Korea yang gue paksakan untuk masuk kesitu, maka bisa dipastikan postingan gue akan tewas seketika dilibas pesaing lain...bhuahahaha...

Sehingga setiap kali gue mulai melantur, dan postingan kontes gue tiba-tiba aja ada unsur Koreanya, gue pun langsung ngotak-ngatik draft untuk postingan Healer gue. Dan kalau itu saja terasa masih belum cukup, dan hasrat untuk ber-korea-ria masih ada, maka gue akan melakukan spazzing tiada henti baik di facebook maupun twiter. 

Begitu terus sampai akhirnya gue merasa otak gue mulai jernih, dan bisa balik lagi fokus ke postingan Jepang. Entah berapa kali postingan Jepang itu gue edit, hanya karena ada beberapa bagian yang terasa kurang sesuai dengan karakter Fathir. Berhari-hari gue merenung dan menganalisis tingkah laku Fathir hanya untuk bisa menebak & menduga secara tepat respon atau komentar Fathir apabila berada dalam situasi tertentu. 

Yes, I worked so hard for that. *Da kalian mah sukanya nge-gampangin dan nuduh kalo aku ngontes teh tinggal sret-sret aja gitu, padahal mah kalo dicerita-in teh riweuh siah! Pokoknya mah lebih riweuh daripada kelakuan Saipul Jamil waktu jadi juri deh**aniwei kemaren siapa yang kesenggol?* 

Postingan Kontes yang Akhirnya Lulus Sensor dan Siap Publish 

Setelah gue benar-benar yakin bahwa postingan kontes Jepang gue telah bersih dari unsur Korea, dan sesuai dengan konsep yang gue inginkan, maka postingan tersebut pun gue publish dengan judul : Liburan Musim Dingin di Jepang.  

Dan minggu depannya, postingan tentang drama Korea pun gue publish juga, yaitu : Ter-Healer. Hanya jeda 1 minggu saja. Dan hasilnya bagaimana? Postingan Ter-Healer mendapatkan respon yang gegap gempita, dan mendapat banyak tanggapan positif dari pembaca. Postingan tersebut juga dishare oleh beberapa fanbase, menjadi headline di blogdetik, dan juga di twit oleh detik.com.[caption id="attachment_1561" align="alignnone" width="493" caption="Yes, berhasil jadi headline di blogdetik!"][/caption][caption id="attachment_1562" align="alignnone" width="346" caption="Postingan gue di twit sama akun yang jumlah followers nya hampir sama dengan raditya Dika!"][/caption]


Dan postingan Kontes Jepang gue berhasil meraih juara 2 dan gue berhak mendapatkan gadget keren berupa : Sony Experia Z3 dan powerbank Sony[caption id="attachment_1563" align="alignnone" width="369" caption="Dan setelah gue gugel ternyata price listnya 7.7 juta aja lho! Duh, gimana dong inih, jiwa matre-ku mulai terusik bhuahaha... "][/caption] Alhamdulillah, gue merasa sangat-sangat bersyukur karenanya. 


Gue merasa bahwa entah bagaimana caranya pada saat itu, spazzing sangat membantu gue untuk bisa fokus membuat suatu tulisan agar bersih dari unsur Korea. Dan terserah lo mau percaya atau nggak, tapi spazzing mampu membuat hati gue merasa berbunga-bunga dan menjaga mood gue agar tetap semangat lho. Seriusan ini mah.

Gue yakin apabila kontes ini gue temukan pada saat gue masih cemen dan sakau dikit langsung menghilang dari dunia maya, maka dapat dipastikan bahwa saat itu gue akan langsung mundur teratur dan lebih memilih untuk bergelimang drama aja.Satu hal yang membuat gue merasa sangat lega adalah : I finally found my balance! 

Akhirnya gue berhasil menemukan cara yang bisa menyeimbangkan kedua hobi gue agar dapat seiring sejalan.Somehow, spazzing helps me to balance my 2 hobbies! Yeay! 

Spazzing with Attitude! 

Semenjak gue sering melakukan spazzing, gue mendapatkan banyak sekali teman baru yang sebagian besar merupakan non-blogger. Berawal dari mengagumi tokoh idola yang sama, ujung-ujungnya banyak teman-teman baru gue akhirnya jadi sering mampir ke blog, dan malahan menjadi pembaca setia blog ini, dan jadi kenal juga sama Abah, Kayla & Fathir. Makacih banyak yah! 

Banyak dari teman-teman spazzer gue yang terkaget-kaget ketika mengetahui bahwa ternyata hanya dari nge-blog aja, gue bisa berhasil dapat gadget ini-itu, bahkan bisa pergi ke Korea sampai 2 kali!*Insya Allah bulan November tahun ini bakal ke Korea lagi untuk yang ke 3 kalinya dari hasil nge-blog juga, mohon doanya yah*[caption id="attachment_1557" align="alignnone" width="340" caption="Mudah2an pada semangat terus yah!"][/caption] 


Bahkan gue menerima banyak email, dm dan inbox yang menanyakan tentang gimana caranya bikin blog atau tips ikutan kontes nge-blog, dll, pokoknya macem-macem deh.Gue sih seneng banget kalo temen2 baru gue bisa ikutan nge-blog juga, dan semua email/inbox yang masuk pun selalu gue jawab dengan setulus hati.

Heartwarming Message from my Silent Reader 

Gue memililki seorang silent reader yang sudah lumayan lama kenalnya, sejak jaman Touch Korea Tour, jadi sekitar 2 tahun yang lalu.Awalnya ia banyak bertanya tentang berbagai tips2 menulis dan gimana caranya supaya bisa ke Korea gratisan juga kayak gue. Saat itu gue pun memberikan saran padanya agar rajin bergentayangan di berbagai fanpage Korea untuk mencari info dan ikutan kontesnya. 

Dan ia pun benar2 menjalankan saran gue, bikin blog dan mulai rajin ikut kontes sana-sini.Setiap kali ia kalah ngontes, biasanya dia curhat ke gue, dan gue pun rajin memberikan semangat dan motivasi padanya agar jangan gampang menyerah, harus nyoba terus. Kalaupun merasa sedih jangan berlarut-larut dan harus segera bangkit lagi.Sampai akhirnya beberapa waktu yang lalu, ia mengirimkan pesan ke gue, bahwa akhirnya ia berhasil juga!*gue sampai merinding sendiri nulisnya* 

Subhanallah, dia bakalan pergi ke Korea akhir Mei nanti. Menang kontes! Gratisan! Gue beneran pengen nangis ketika membaca pesan darinya, karena gue tahu persis betapa keras ia berusaha selama ini. Mulai dari ikutan berbagai kuis, kontes nulis, kontes foto dengan system like, pokoknya mah gigih banget lah!Dan gue jadi semakin terharu ketika dia menuliskan kata-kata seperti ini buat gue :[caption id="attachment_1553" align="alignnone" width="446" caption="Terharuuuu!"][/caption]



Tuh kan! Asal kita mau terus berusaha, Allah pasti akan memberikan jalan kok!Yah, karena walaupun kita ini memiliki hobi spazzing, tapi tetap aja di lubuk hati terdalam mah, kita juga pasti pengen dong membuat suatu prestasi yang bisa membuat orang di sekeliling kita merasa bangga, yah kan?kan?Let's just show them, that even though we love to spazz, but we do have our brains! And we can do something! 

Yah, gak usah harus terpaku sama nulis blog juga sih. Ternyata banyak juga temen2 spazzer gue yang jagoan bikin cover dance, cover song, bahkan gue punya temen yang jago banget nulis fanfiction dan udah punya banyak buku lho, wuidih keren abis!Mari kita saling memberikan semangat dan sama-sama memberikan makna positif kepada kata spazzing! 

Pesan-Pesan! 

Kalau gue bikin tulisan seperti ini, biasanya suka ada aja yang komentar dan menanyakan gimana reaksi Abah atas kelakuan gue yang hobi spazzing. Abah sih sejauh ini masih asyik-asyik aja kok!Bahkan ketika gossip tentang Lee Min Ho & Suzzy menyeruak ke permukaan, Abah yang sangat mengetahui betapa besar cinta gue sama Lee Min Ho, khusus mengirimkan message ke gue dengan niat untuk memberitahukan informasi tersebut. Padahal mah gue udah tahu duluan dan udah heboh spazzing sana-sini hehe...[caption id="attachment_1554" align="alignnone" width="386" caption="Walaupun ujung2nya cuma ngeledek & ngetawain!"][/caption]

Abah juga adalah seorang suami super duper keren yang mau-mau aja dimanfaatin istrinya untuk disuruh bikin foto parody ala drama Korea cuma sekedar buat seru-seruan.Gue waktu itu pernah sakau sama drama Korea Lie to Me dan berasa gemes banget sama salah satu adegan didalamnya yaitu : almost kissing scene under the cherry blossom.Dan Abah pasrah-pasrah aja lho waktu gue daulat untuk jadi modelnya...bhahahaha...[caption id="attachment_1560" align="alignnone" width="404" caption="Abah gue paksa jadi model!"][/caption]

Jadi sampai sejauh ini sih, baik Lee Min Ho, Hyun Bin maupun Ji Chang Wook tidak pernah sampai mengganggu keharmonisan rumah tangga gue lho yah! Jangan sampai lah!Paling kalo gue boleh nitip pesan sih, walaupun hobi spazzing tapi tetap jangan sampai lupa sama kewajiban kita aja lah yah.Buat yang masih sekolah, jangan lupa belajar, jangan lupa shalat. Buat yang udah berkeluarga, jangan sampai lupa ngasih makan anak, ngurus rumah dan yang paling penting banget sih...Jangan sampai kelupaan minum PIL KB...bhuahahaha...

Bahaya banget lah itu kalau sampai kejadian! Sumpah serem dan bikin deg-degan sepanjang minggu...bhuahahaha...*INI KENAPA MALAHAN JADI CURHAT*Sampai saat ini sih, gue masih sakau sama bang Healer lho dan masih hobi spazzing-in dia. Banyak yang selama ini sering nanya-nanya kapan gue move on dari bang Healer, berikut ini gue kasih jawabannya yah :[caption id="attachment_1555" align="alignnone" width="384" caption="Okeh Sip!"][/caption]

Duh, ternyata jadinya kok panjang banget ini postingan gue, entahlah ada yang mau baca apa kagak bhuahaha...Let's just do our spazzing with attitude guys!

1 komentar:

  1. Salam kenal buat mb erry,tau dari ig liat gaya nulisnya asyiik akhirnya sukaaa...dan sy mlai memahami dunia kekinian yg kudu dikenal agar memahami anak milenial. sebagai seorang ibu dari tiga anak adalah tantangan dlam memahami mereka di dunia yg hiruk pikuk jaman ini. Apakah dengan menjadi penggemar drakor? mungkin ini salah satu dari salah-salah yang lain ...wkwkwkwk...

    BalasHapus